Sunday, April 15, 2007

Me versus High Heels


Engga bermaksud niruin teenlit yang skaligus ada film dan sinetronnya dan sempet jadi hits beberapa waktu yang lalu, lho....... tapi story 'bout high heels emang selalu unik dan jadi rumpian sepanjang masa.

Saya termasuk penggemar high heels sejak masa remaja. Saya ingat, dulu tante saya bawa oleh" dari luar negeri, 2 pasang sepatu kaca (modenya aja sepatu kaca, nyatanya cuma sepatu plastik...mana ada sepatu kaca beneran kali...). Karena jatah saya sekolah siang, jadi waktu sepatu itu dipromo sama tante, adek saya duluan yang ngeliat dan menjatah sepatu itu (kebetulan yang menyebalkan, ukuran kaki kami sama..) dan yang sepasang lagi diambil tante saya yang lain yang kebetulan masih jadi anak kuliahan. Jelas saya ngamuk dong (ala anak kecil umur 9 taun yang pengen banget punya sepatu itu dan iri berat sama adek saya yang ngedapetinnya), dan saya mencak" sama tante saya, yang akhirnya karena sebal saya begitu, sepatu itu dilemparkannya ke saya " jangan gak diabisin!" (walopun akhirnya gak kepake, lah ukurannya emang buat tante saya itu, bukan untuk saya....but i never sorry 'bout it hehehe...)

Sepatu itu fisiknya kulit tipis yang dijahitkan bareng plastik bening, jadi jari" kaki bisa dipamerin, dengan hak yang tingginya sekitar 5 centi. Cukup genit untuk ukuran anak SD, tapi begitulah nasib anak" perempuan yang sejak kecil sudah diajarin tentang fairy tales, Snow White, Sleeping beauty, Cinderella, semuanya kan gak ada yang pake sepatu ceplek. High heels itu buat cewe kecil pra teenage gitu adalah salah satu property untuk menjadi cantik, tanpa sadar didikan mama sudah merasuk seperti itu, feminin sama dengan high heels, cewe cantik sama dengan high heels.

Saya sendiri belajar pake high heels sejak kelas 3 SD, pertamanya -sebelum dapet sepatu kaca itu- nyobain sendal emas yang dipake mama saya buat pengantenan. Saya begitu mencintai sepatu itu sampe walopun dilarang mama untuk mengeluarkannya dari rak sepatu, diam-diam tetap saya keluarkan (waktu mama pergi kerja) dan bermain seolah" saya seorang Ratu (Ratu Pantai Selatan, waktu itu kan trennya film Suzanna tentang Nyi Roro Kidul, dan sepatunya warna emas kelap kelip gitu) Segitu cintanya dengan high heels, saya dulu gak punya sepatu dengan hak kurang dari 5 centi,kecuali sneakers dan sendal jepit. Teman-teman saya sih gak pernah komentar, tapi kalo liat kerutan dikening mereka, saya tau mereka mau nanya gimana sih cara saya jalan dengan sepatu kayak gitu?

Waktu kuliah, sepatu kebangsaan saya high heels, mau pake baju yang rada girlie ato kasual biasa, ato malah cuma kaos oblong plus jeans belel yang kontaknya cuma barengan sneakers ato sendal jepit. Rekor sepatu yang saya miliki, hak 12 centi warna coklat dari kulit buaya (sisa-sisanya masih saya simpan sampe sekarang..:P). Waktu belinya, mama sempat terperangah "Mau dipake kemana sepatu itu?"
"Kondangan, mam" jawab saya seadanya. Tapi my dear mama tentu aja tau gak mungkin sepatu itu saya biarkan bulukan di rak sepatu.
"Kamu kan naek bis...."
"Yah.... itung" latian,mam..."
Dan mama saya menyerah.

Sepatu itu emang jadi andalan saya untuk pergi kuliah (nasib, punya temen dengan tinggi minimal 161 centi sementara saya cuma 158, kan cape kalo mo ngomong nenggak dulu... sakit leher bisa" saya), temen" saya juga kagum liat saya begitu berani memakai sepatu setinggi itu untuk kuliah, naek turun bis, naek turun tangga kampus. Tapi high heels itu bikin saya lebih pede untuk beredar.
High heels ini juga pernah bikin malu saya. Ceritanya abis jam kuliah, saya dan beberapa teman pergi makan bakso ke depan kampus, pas udah selesai, kami mau nyebrang jalan, karena rame, kepaksa nunggu dulu di trotoar tengah jalan itu. Pas itu emang waktunya anak sma deket kampus saya pulang, jadi bis dan angkot berjalan sangat lambat untuk mengambil penumpang. Ketika jalan sudah sepi, kami buru" menyebrang sebelum jalanan dipenuhi mobil lagi. Naas buat saya, gak liat ada lebihan semen trotoar, jadi karena gak mantep berdiri, jadinya kesandung deh!
Pertamanya temen" saya melongo ngeliat saya terduduk di trotoar itu, lalu mereka ketawa ngakak. Menyebalkan lagi, serombongan anak sma masih berdiri di seberang jalan, plus deretan mamang beca paada ketawa ngeliat saya begitu. Dasar muka tembok, saya cuek aja berdiri dan melanjutkan melangkah sampe ke seberang jalan, membiarkan cekikikan riuh teman" saya. Ternyata, masih banyak lagi yang melihat saya jatuh, termasuk my crush!
Saya mengutuk dalam hati, tengkyu high heels, udah bikin saya jadi rumpian! (dan sampe sekarang, temen" saya masih ingat kejadian itu, dan menyinggungnya kalo saya mulai lirik" high heels diatas 7 centi..-ooopps...saya kapok pake high heels 12 centi heheheh-). High heels itu juga pernah mengeluarkan api, kehebohan lain yang ditimbulkannya, yang juga jadi kenangan diantara temen" saya. Waktu selesai mengikuti kuliah siang, karena lapar, saya dan temen" buru" keluar kelas. Koridor lantai 2 itu penuh sekali dengan mahasiswa yang juga brutal pengen minggat dari areal belajar, dan berebutan turun tangga. Karena tangganya dari batu, ketika saya turun dengan cepat, high heels saya bergesekan dengan kuat dengan tangga itu dan memercikkan bunga api.
"Apaan tuh?!" pekik seorang mahasiswa cowo.
"Ya ampun.... sepatu lo kluar api, dith!" samber yang laen.
"Buset dah... hebat banget sepatunya si judith ya.... bisa jadi korek api" lanjut dengan ketawa nyaris seluruh mahasiswa yang ada.

Enough!

Saya mempensiunkan high heels kesayangan saya itu, dan bener" gak saya pake kalo bukan mau ngeceng ato kondangan, daripada bikin insiden yang lebih gawat dari sebelumnya? Dan saya cuma pake high heels paling tinggi 7 centi.....

Saya pernah nonton film lucu yang cewenya gak suka tampil feminin, include make high heels, She's the Man nya Amanda Bynes (pernah nonton gak?). Dia bilang high heels itu diciptakan kaum pria untuk perempuan agar saat mengenakannya, bokong si perempuan terlihat lebih kecil dan gak bisa lari cepat dan jauh.

Okey...saya setuju dengan yang kedua, tapi yang pertama?!

Saya mencobanya (hehehe.....), dan mematut" diri di depan kaca. Engga juga ah, bokong saya tetap saja selebar yang saya lihat, tapi terus terang sih, saya sanggup jalan cepat dengan high heels (untuk itulah kaum hawa diciptakan dengan kaki yang jenjang). Barangkali itu cuma alasan aja supaya dia gak dipaksa pake high heels, ya...?(but anyway...cowo emang suka liat cewe pake high heels, kesannya feminin banget.... - cih...sepatu ceplek juga feminin kok-). Jadi inget temen saya Ms. Di...dia gak bisa pake sepatu dengan hak lebih dari 5 centi...lah wong waktu kondangan barengan saya, dia masih kepletot sama sendal hak 3 centi...malu"in aja jadi cewe ni orang.... :P

yah...apapun juga alasannya, high heels tetep jadi lambang perempuan sampe kapanpun, dalam kondisi bagaimana juga... termasuk saya

No comments:

Apa kabar?

 Jalan-jalan, ketemu kawan  Kemudian saling bertegur sapa  Hai. Apa kabar?  πŸ˜ΆπŸ’­ Apa kabar... Saya sudah berbulan-bulan insomnia parah, wala...