Sunday, March 12, 2017

Bila Masa

Was... i want to share a write about my holiday at Bali, but at the way back home, just heard a shocking news, that one of my friend passed away.

Beritanya cukup mengejutkan, tapi tidak untuk yang mengetahui bahwa dia memang sudah menderita sakit sejak lama. Hanya saja, cukup erat menyimpan informasi sakitnya, sehingga saya saja ngga tahu dia sakit apa tepatnya.
Dia tidak terlihat sakit. Senyumnya masih lebar, sorot matanya masih teduh. Hijab syar'i dan gamish panjangnya yang mungkin menutupi betapa kurus dirinya. Melihat jasadnya yang terbujur hampir rata dengan kasur yang mengalasinya, menunjukkan betapa kurus dan kecilnya badannya dimakan oleh penyakit itu.

Sedih. Pastinya.
Tetapi kita manusia di muka bumi ini hanyalah musafir yang menunggu dipanggil oleh Izrail untuk kembali kepada kekasih sejati kita, Allah SWT. Namun hati kecil manusia yang masih merasakan emosi kesedihan itu. 
Sesiap-siapnya keluarga yang ditinggalkan, tetap saja airmata turun berderai. 

Luka karena kematian lebih pedih daripada kehilangan apapun. Pada saat itulah, manusia sesungguhnya berada dipersimpangan, bagaimana ia mau menapaki hidup setelah kehilangan. Bagaimana mendekat kepada Illahi untuk mengobati rasa itu. Dan bagaimana mensyukuri apa yang kita terima untuk selanjutnya.

Bila masa telah tiba, yang bisa dilakukan manusia hanyalah merengkuhnya dengan keimanan. Jangan bersedih karena kematian, bersedihlah karena kita masih harus menjalankan hidup didunia ini. Namun berbahagialah karena Allah masih memberikan waktu, untuk kita bertobat sebelum menghadap-Nya.

Dear teman saya, semoga menemukan surganya yang terindah. Waktumu didunia telah habis, istirahatlah sampai waktunya bertemu kembali...

Innalillahi wa innailaihi rojiun....

Wednesday, February 1, 2017

Tuhan, beri aku patah hati

Patah hati memang identical banget dalam menjalin hubungan. Hubungan apapun, ngga mesti percintaan. Semua sama menyakitkannya. Semua sama memberi traumatik. Semua sama menguras energi.

Hanya aja... bagaimana kamu menghadapinya.
Dan mengucapkan selamat tinggal..

Friday, October 28, 2016

Bertanya pada sang Pencipta

Jika ada yang mengganjal dalam hati, patutnya bertanya pada sang pemilik hati. Karena Dia lah sang Maha Mengetahui isi hati, Maha Pembolak-balik hati.

Perih kadang tak tertahan jika kita merindukan sesuatu. Entah seseorang, entah waktu, entah materi, entah masa lalu kala hidup masih terasa mudah.

Muvon itu tidak semudah diucapkan, wahai kawan. Sering kali terucap hanya karena kesombongan diri yang tak terukur, mencoba menjalaninya, atau malah tidak mau ditertawakan.

Memahami diri adalah yang terpenting daripada memahami orang lain. Kemampuan kita memahami diri dengan bercakap-cakap dengan hati dan sang Pencipta, akan membuat hidup terasa lebih mudah ketika kita harus bergerak maju menjauhi masa lalu. Berbaik sangkalah kepada sang Maha Pengasih. Segala kejadian yang dialami, sudah pasti membawa hikmah kebaikan untuk diri.
Mudahkan membicarakan hal itu terhadap diri sendiri ketimbang mendengarnya dari orang lain. Karena orang lain, tetaplah memiliki keterbatasan sebagai manusia biasa. Hanya Dia lah yang mengerti isi hari kita, yang bahkan tidak kita sadari.

Bicara rindu.
Jika merindukan seseorang, alangkah baiknya mendoakannya. Titik rindu tertinggi adalah ketika saling mendoakan. Mendoakan agar yang ada dalam hati dan pikiran selalu dijaga oleh sang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Bukan sekdar perkataan belaka, tetapi ketika jemari bahkan bibir tak mampu berucap, memang tertinggal doa yang bisa terkirimkan.

Tetaplah mengingat sang Pencipta, karena tiada sahabat sejati selain Dia.

Wednesday, October 26, 2016

Pilihan kamu adalah tanggung jawabmu

Beberapa hari ini lagi seru pada share berita koran online tentang penangkapan co-founder Dream 4 Freedom (D4F) yang sempet booming tahun 2015, menghasilkan (katanya) banyak milyarder mendadak. Sampe penuh setiap sudut tempat nongki sama rombongan anak muda yang bergabung di D4F yang sibuk prospekin orang. Saya juga sempet ditawarin sama temen, yang awalnya dia bilang sih, arisan.

Lumayan ya untungnya, 1% sehari. 15 hari aja udah balik modal. Karena saya lagi belajar jadi anak baik-baik dan sedang belajar tentang RIBA, makanya saya cek dulu info soal D4F ini via gugling. Dikasih juga sih sama temen saya, link blog orang yang udah boomer duluan. Sesuai dugaan sih, bisnis ngaku binary tapi tanpa produk pasti dan menjanjikan sesuatu yang TIDAK MASUK DIAKAL, saya anggep riba. Saya tolak, semenggiurkannya uang cepet itu.

Idealis? Ya engga. Namanya usaha ya, cuma lampu Aladin yang bisa ngeluarin jin yang bisa bikin kaya mendadak. Pesugihan aja butuh waktu dan pengorbanan berat untuk ngedapetin apa yang dipengen kok. Dikira piara tuyul mudah? Dapetinnya juga susah. Intinya, segala yang cepet pasti di muka bumi ini cuma Mie Instant.

Saya lihat banyak temen-temen saya yang ikutan. Pajang iklan di DP BBM, sibuk BC sehari bisa 5x, pamer hasil pertama, kedua, ketiga... Pokoknya rusuh. Kalau nawarin saya, pasti saya nasehatin. Abisannya, gak mau negur saya lagi :)))

Sekarang jaman kontemporer. Digital. Semua serba was wes, cepet. Iya. Yang berkembang teknologinya, bukan rezekinya. Semua tetep perlu usaha yang konsisten dengan komitmen, supaya berkelanjutan. Awet. Panjang usianya.

Bener juga kan.

Mulai rontok dari akhir tahun kemarin. Kasak kusuk ada yang bonusnya gak dibayar. Ada yang upline-nya ngilang. Pokoknya banyak macem deh. Lalu kemudian, sekarang rame, co-foundernya tertangkap.

Para pelaku bisnis ini menuntut agar uang mereka dikembalikan.Sekian ribu anggota dari bisnis ini, menuntut agar uang mereka kembali, dan si co founder dihukum penjara. Dihukum sih mungkin iya. Tapi uang mereka kembali? Mungkin sulit. Mengingat banyak sekali kasus penipuan bisnis dengan skema ponzi .


Semua ini, berawal dari pilihan. Pilihan si member, dia mau join atau tidak. Info di berita mengatakan, mereka yang bergabung ada yang menggadaikan SK, ada yang menggunakan deposito pendidikan anak, ada yang menjual harta benda. Gaes, that's your fault anyway...
Tidak patut dikasihani kalian yang menggadaikan segala harta benda milik kalian untuk mendapatkan hasil instan, semenggiurkan apapun iming-iming itu. Karena orang yang beneran mau meningkatkan taraf hidup, harus bekerja keras, se-part time apapun pekerjaan yang dilakoni disamping pekerjaan utama.
Ini juga menyangkut tingkat kecerdasan kalian. Karena hanya orang-orang bodoh yang menginginkan hasil instan. Bahkan doa kepada Yang Maha Kuasa saja tidak serta merta terkabul.

Hidup itu ngga ada yang enak. Lalu, ngga ada orang yang ngga mau ngga enak hidup. Tapi semua ada pengorbanan dan upaya yang dilakukan untuk mencapai taraf itu. Jangan cuma ngiler bisa dapet ini itu.

Saya mengobrol dengan salah satu leader bisnis yang menggunakan skema binary untuk pengembangan jaringannya. Si leader ini sedih, karena menurutnya dia cukup dekat dengan si co founder yang tertangkap ini, dan juga sharing ilmu.
"Dia orang yang cerdas"

Tanggapan saya kalem. Orang itu cerdas dengan cara yang salah. Mungkin si leader beranggapan dia cukup dekat, saya melihat dari orang-orang yang lebih dekat lagi dengan co founder itu, yang pula sudah memperingatkan supaya tidak terperosok terlalu jauh. Barangkali akhirnya memang harus diingatkan dengan cara seperti ini.

Ngga ada yang perlu disesali dari dia yang menggunakan kecerdasannya membangun suatu bisnis walaupun akhirnya hancur juga. Mungkin dia memang mencoba membuat suatu bisnis yang memudahkan orang banyak. Ya walaupun niat sama kenyataan berbanding terbalik. Salah orang-orang yang masuk jadi member bisnis itu? Ya ngga juga.

Semua jelas pilihannya. 

Jadi, ambillah pelajaran dari semua kejadian ini ketimbang hanya tuntut menuntut. Bisnis jaringan memang merupakan bisnis masa depan. Mengapa? Karena MEMPERKECIL MODAL USAHA. Entrepreneur atau wirausaha, juga merupakan bagian dari bisnis masa depan, dengan menggunakan teknologi digital. Diharapkan dalam perkembangan perekonomian, sistem marketing sudah lebih mobile di masa yang akan datang. Namun bukan berarti kita gampang tergiur lalu terburu-buru. Amati dan pelajari sistemnya. Semua ada panduannya. Jangan terburu-buru. Tidak perlu merasa tidak enak menolak jika belum yakin. Dan pastikan, modal yang dikeluarkan sesuai dengan yang didapat.

Tambahan untuk bisnis jaringan, pastikan produknya real, make sense, dan HALAL. Hasil kerja kita untuk keluarga, tho? Jadi biasakanlah yang baik.

Jangan sampai salah memilih, jangan mengeluh dan jangan menyalahkan orang lain, atas pilihan yang menjadi tanggung jawabmu sendiri. ^_^

Wednesday, October 12, 2016

Bagaimana merekrut orang yang tepat untuk bisnismu.

Hari ini, dalam rangka banyak belajar, saya kepengen save tulisan yang barusan saya baca di wesite Oriflame.
Ini bagus, untuk ngebantu fokus.

Lima tahun yang lalu, Anna Stenberg mendirikan Women Executive Search (WES); firma headhunter dengan cara kerja lebih dari sekedar jaringan perekrutan tradisional untuk memastikan perempuan dengan karakter kepemimpinan yang kuat masuk dalam proses perekrutan. Di Swedia, dimana 80% dari kandidat headhunter adalah laki-laki, Anna dan timnya telah mempekerjakan lebih dari 200 pemimpin perempuan. 

Bagaimana caranya?

1. Buat deskripsi pekerjaan "Segalanya diawali dengan analisis bisnis yang baik. Artinya, kenali betul-betul Organisasi dan posisi yang Anda tawarkan. Tanyakan pada diri Anda, kompetensi dan kepribadian macam apa yang akan sukses di sini?  Selanjutnya Anda siap menentukan deskripsi profile sesuai yang Anda butuhkan - dalam hal ini di Oriflame, kita membuat Job Description yang lugas, mislanya Anda mungkin ingin mencari perempuan yang menunjukkan semangat dan minat pada kecantikan secara Online."
2.Jadilah Detektif "Setelah membuat deskripsi pekerjaan, proses pencarian dimulai. Ini sedikit mirip seperti seorang detektif. Di WES, selain melihat apa yang ada dalam jaringan kami , kami juga melihat perusahaan dan perempuan lain yang memiliki potensi, semangat dan pengalaman yang dibutuhkan untuk posisi yang sedang kami rekrut. Kami membuat daftar panjang kandidat potensial dan kemudian mengeditnya hingga daftar akhir untuk kami tidak lanjuti melalui telepon dan  wawancara tatap muka
 3. Cari secara Online, tindak lanjuti dengan tatap muka "Sebagaimana semangat untuk kecantikan adalah bagian dari deskripsi pekerjaan para Konsultan Oriflame, media sosial adalah cara yang sangat efisien dan murah untuk menemukan orang yang mungkin ingin bergabung dengan bisnis Anda. Tetapi sekali Anda telah mengidentifikasi calon potensial Anda melalui Facebook atau Linkedin, membuat pastikan Anda bertemu dengan mereka untuk memahami apa yang ada di luar kesan pertama. "
4. Pilih pekerja terbaik, bukan teman terbaik"Ketika Anda merekrut , Anda sering bertemu seseorang yang identik dengan Anda dan benar-benar Anda sukai. Karena Anda pikir mereka menyenangkan, Anda lupa tentang deskripsi pekerjaan dan ingin merekrut mereka -.Sebaiknya jangan. Terkadang, memilih seseorang dengan keterampilan/karakter yang berbeda dengan Anda akan menciptakan dinamika positif. Konsisten dengan deskripsi pekerjaan yang Anda buat dan Anda akan dapat fokus pada orang terbaik untuk posisi itu."
"Media sosial adalah cara yang sangat efisien dan murah untuk menemukan orang yang mungkin ingin bergabung dengan bisnis Anda"
5. Apa, Mengapa, Bagaimana "Anda perlu mengetahui detail penting kandidat Anda. Jangan hanya mengetahui  apa yang pernah ia lakukan, tetapi juga cari tahu mengapa dan bagaimana mereka melakukannya. "Bagaimana" sangat penting jika Anda ingin memahami  alasan dan motivasi mereka. "
6. Apa sisi serunya? "Saat Anda mempekerjakan seseorang, jangan lupa untuk memberitahu apa keseruan yang akan mereka dapatkan jika bergabung bersama Anda. Jawab pertanyaan ini:  Apa untungnya bagi saya?Jika seseorang akan menginvestasikan waktu, tenaga dan uang ke sebuah institusi/ perusahaan, mereka perlu tahu potensi institusi/perusahaan tersebut."


Mau nanya-nanya dengan info yang lebih lengkap? Boleh deh mampir ke www.myfunbizz.com/asriepra 

Disitu udah lengkap kontaknya.

Wednesday, October 5, 2016

Social Media Darling

Bete hari ini dipersembahkan oleh gajet yang tewas, bikin males ngapa-ngapain, termasuk males ke kantor. Jadilah mendarat di pojokan favorit di cafe bawah radio tempat biasa siaran. Makan, dan kerja. Ngerjain bisnis. Bisnis yang jadi juga ngga jelas gegara moody.

Akhirnya ngejorgok disini ngutak ngatik lepi. 

Tapi kemudian, banyak banget yang ngampirin (eleh.. banyak..... kek beken aje...)
Secara ya, kalo di radio emang siang-siang pasti rame. Kebetulan juga ketemu sama abang penyiar yang punya special program cuma tiap Rabu, bikin jarang ketemu. Jadilah ngobrol sama si abang ini.

Special program-nya ngebawain orang-orang kreatif dan keren di Palembang, dan bintang tamunya hari ini adalah seorang make up artist berlisensi. 
Dipertegas amat mbak, lisensinya.. 
Iya, maklum deh yaa... bahas orang lama yang emang ngedapetin skill-nya selain dari pengalaman, juga ikut training sampe mangkak.

Jadi ceritanya, si MUA ini curcol, berkomentar betapa banyaknya MUA abal-abal seliweran belakangan ini, bermodalkan belajar lewat youtube, dan belanja produk di Instagram dengan harga miring, entah aslik atau KW itu barang.

"Kakak bukannya gimana ya, dek.... Dulu, MUA wajib berlisensi, wajib ikut segala macem training, harus lewat uji kemahiran, baru bisa menyandang MUA. Sekarang kok kesannya dilempar-lempar gitu aja, cuma modal kuas sama gajet"

Okey, kakak. Kalau saya mau jawab enteng, itulah kekuatan dunia maya, social media. Dimana everybody can be a social media darling, cuma diujung jari, ketak ketik sering nampang, buat sensasi, yang penting percaya diri.

Jadi? Ya salahkan dunia digital sekarang ini lah... yang menghilangkan batas antara dunia nyata dengan dunia maya. Dimana positif bisa jadi negatif, dan sebaliknya.

Para social media darling ini sangat menguasai bidangnya. Ya kalau itu bisa disebut sebagai bidang, yaa... Dengan kemudahan yang diberikan oleh dunia digital ini, dengan sedikit usaha belajar memahami pernak-pernik centilnya social media, voila.... jadi deh seleb-nya socmed.

Tapi,
Ada tapinya lagi nih.... Hal seperti ini, ngga bertahan lama kalau memang cuma mengandalkan media sosial. Karena biar bagaimanapun, dunia ini nyata. Persaingan yang sebenarnya tetap ada di dunia nyata. Dan ketenaran di dunia maya, tanpa balancing dari dunia nyata, akan cepat pudarnya.

Nah, 
Kakak MUA berlisensi ngga seharusnya bete berkepanjangan dengan kenyataan ini kan? Kalau ternyata ngga seberapa lama ketahanan tenarnya, dibandingkan dengan mereka yang sudah melewati semak belukar berduri untuk mencapai kesuksesannya.

Atau.... bisa juga ikut nampang jadi social media darling :D

Friday, September 16, 2016

Your choice

Sejak memutuskan menjalankan profesi lain sebagai Social Media marketeer, saya jarang banget jadi pemerhati socmed seperti dulu, dimana eksistensi saya nyinyirin orang sok pinter yang ngeksis di socmed. Eh, bukan cuma orang biasa ya... kadang selebriti juga suka sok pinter, yang kemudia di-bully se-follower anget.

Konsentrasi saya lebih kepada jualan, jualan dan jualan online. Belajar online marketeer, personal branding lebih dalam, public speaking alot dan how to play the role. Sampai capek sendiri. Iya, capek tau maen gadget seharian demi belajar dapet duit dari gadget dan socmed.

Salah sendiri. Yaaaaa.... bener juga. It's my choice to be online learner.

Hari ini, saya udah punya to do list apa yang mau saya kerjain, dan seperti biasa saya juga yang melanggarnya. Dan saya berjalan-jalan ke media sosial yang udah lama banget gak saya toleh-tolehin, Twitter ~ oh God, dulu saya tenar banget wara wiri disono... (suka-suka :p)
Dan saya melihat tweet dari coach kesayangan saya, Didi Mudita.

"Your choice" bisa jadi kekuatan atau kutukan, jadi hati-hati dengan pilihanmu pagi ini. Mau jadi sadis atau manis? Mau dendem atau demen? CHOOSE!

Tuh.

Makanya, kalau jalan itu lurus aja. Make a decision itu pastiin aja. Gimana nanti perjalanannya itu baru 70%nya usaha, 30% kata Allah. Kenapa saya ambil perbandingan sebesar itu? Karena saya ngga mau munafik dengan 99% usaha 1% nasib. 
Pada perjalanannya, pernahkah kamu menghitung berapa kali putus asa? Karena bangkit setelah jatuh itu tidak sebanyak jatuhnya. Tergantung kamunya mau apa ngga bangkit, kalo jatuh sih pasti terus-terusan. Bahkan yang sudah setinggi langit aja masih ada jatuhnya.(kecuali jatuh cinta ya, enak terus-terusan...)

Semua tentang pilihan, mana yang mau kamu pilih. Suka-suka kamu aja, tapi itu bisa merubah hidup kamu 180 derajat. 

Mau apa? JAngan ragu. Berjalanlah sesuai dengan ingin dan pilihanmu.