Wednesday, March 16, 2011

To be a Winner or/and Different

Hari ini saya absen dari kantor. Pengasuh anak-anak izin sakit, jadilah saya membebisiteri anak-anak dirumah, dari mengurus yang mau sekolah sampai mengantar juga menunggui. Yah..ehm.. bukan ini sih yang mau saya bahas, saya tadi mendengar kutipan percakapan sangat menarik.

Seorang mama berkata kepada cece pemilik warung pempek tempat saya biasa menunggu. Bercerita tentang gank mama-mama yang tipikal sekali gapnya, si keren dan si engga-keren-sama-sekali. Ada clash disitu, akibat dari seorang mama yang ilmu manipulatifnya hebat sekali. Teknik adu domba yang sudah pasti diacungi jempol oleh kompeni seandainya hidup di jaman penjajahan. Waktu saya tanya, siapa sih yang dimaksud, mama itu bilang,"...yang duduk dipojokan sabtu kemarin itu loh, yang matching dari atas sampe bawah...". Ooh..

Saya tau dengan mama yang dimaksud, kita sebut mama mecing (baca : matching :D) deh.. Termasuk orang lama juga disitu, walaupun seniorlah saya. Dan saya sih dari awal sudah bisa menilai, mama mecing ini emang fashionable sekali, namun sayangnya engga sophiscated. Norak, singkat ceritanya. Dengan suara membahana berusaha menarik perhatian yang berusaha didapatkannya, dia juga kelihatan sekali kosong melompong. Dia bisa menjadi pimpinan suatu kumpulan dengan keberaniannya berdiplomasi, salah atau engga, tapi so manipulatif also. Jadilah grup mereka sedikit retak  akibat kesalahpahaman kecil yang seharusnya bisa ditengahi, namun diperbesar olehnya. Tampaknya beberapa orang sudah mulai menghindari grup cucakrawa yang bikin pening kepala saya sabtu kemarin itu. Walau begitu, mama mecing tetap memiliki karisma diantara para mama tersebut (atau sisa mama lainnya berkepribadian lemah, saya tidak tahu...)

Trus pulang dari sekolah, saya nongkrong di depan tv dan menonton reality show milik supermodel Tyra Banks, America's Next Top Model, cyc 15. Sudah sampai kompetisi 2 besar, si C dan si A. C wujud perempuan muda ambisius yang sudah sadar dari kecil apa yang dia mau, jadi terkenal, dan menjadi the ANTM adalah tujuan pastinya. Rata-rata mendukung dia dengan kepribadian ceria dan sangat stabil, percaya diri yang tinggi dan sudah pasti, cantik. Sementara A, jangkung dan canggung. Datang dari lingkungan dimana dia selalu menjadi bahan ejekan, mampir ikut kontes cuma demi membangkitkan kepercayaan dirinya. Suatu keinginan yang kemudian berkembang menjadi ambisi untuk meraih the ANTM, walaupun tidak seambisius C, tapi A serius menjalankannya sehingga seandainya tidak menang, dia cukup bangga bisa meraih sampai tangga yang dicapainya. Siapa sangka, A yang merupakan kuda hitam, mampu menyingkirkan C yang notabene dijagokan sekali untuk menang.
Kehadiran kompetisi menang dan kalah, tidak hanya milik panggung juara. Panggung kehidupan pun seperti itu. Seperti mama mecing yang kemampuannya jika dipergunakan ditempat yang benar, dia pasti akan memperoleh kesuksesan yang luar biasa, secara dunia bisnis dan politik sangat gampang ditaklukan dengan karisma dan kemampuan manipulatif yang terasah dan terarah. Dunia yang tidak memerlukan belas kasihan dari siapapun, karena hukum rimba bermain disini, siapa yang kuat dia yang menang. 
Lalu kompetisi antara A dan C. Walau bersahabat, mereka tetap harus bersaing memperebutkan tempat nomor satu, dengan kemampuan masing-masing, dengan perbedaan masing-masing.

Menjadi berbeda, memiliki banyak segi positif dan negatif. Mama mecing, kepribadian kuat dan mampu menguasai emosi orang lain. C, kepribadian kuat, ambisi kuat dan memiliki keinginan juga kemampuan untuk mencapai apa yang diinginkan. A, kepribadian lemah, biasa-biasa saja, tapi memiliki kemampuan tak terlihat untuk menjadi luar biasa. Setiap orang memilikinya. Banyak orang terkenal memiliki latar belakang bukan siapa-siapa sebelumnya, namun keinginan untuk menjadi 'siapa' membuat mereka berusaha menempa diri dengan lebih baik.
Dunia memang sempit, tetapi selalu ada tempat buat mereka yang mampu membawa sisi positif perbedaan mereka ke permukaan dan menonjol di puncak piramida. 

From zero to hero... so, still unconfidence because u different?

No comments:

Apa kabar?

 Jalan-jalan, ketemu kawan  Kemudian saling bertegur sapa  Hai. Apa kabar?  πŸ˜ΆπŸ’­ Apa kabar... Saya sudah berbulan-bulan insomnia parah, wala...