Wednesday, October 5, 2016

Social Media Darling

Bete hari ini dipersembahkan oleh gajet yang tewas, bikin males ngapa-ngapain, termasuk males ke kantor. Jadilah mendarat di pojokan favorit di cafe bawah radio tempat biasa siaran. Makan, dan kerja. Ngerjain bisnis. Bisnis yang jadi juga ngga jelas gegara moody.

Akhirnya ngejorgok disini ngutak ngatik lepi. 

Tapi kemudian, banyak banget yang ngampirin (eleh.. banyak..... kek beken aje...)
Secara ya, kalo di radio emang siang-siang pasti rame. Kebetulan juga ketemu sama abang penyiar yang punya special program cuma tiap Rabu, bikin jarang ketemu. Jadilah ngobrol sama si abang ini.

Special program-nya ngebawain orang-orang kreatif dan keren di Palembang, dan bintang tamunya hari ini adalah seorang make up artist berlisensi. 
Dipertegas amat mbak, lisensinya.. 
Iya, maklum deh yaa... bahas orang lama yang emang ngedapetin skill-nya selain dari pengalaman, juga ikut training sampe mangkak.

Jadi ceritanya, si MUA ini curcol, berkomentar betapa banyaknya MUA abal-abal seliweran belakangan ini, bermodalkan belajar lewat youtube, dan belanja produk di Instagram dengan harga miring, entah aslik atau KW itu barang.

"Kakak bukannya gimana ya, dek.... Dulu, MUA wajib berlisensi, wajib ikut segala macem training, harus lewat uji kemahiran, baru bisa menyandang MUA. Sekarang kok kesannya dilempar-lempar gitu aja, cuma modal kuas sama gajet"

Okey, kakak. Kalau saya mau jawab enteng, itulah kekuatan dunia maya, social media. Dimana everybody can be a social media darling, cuma diujung jari, ketak ketik sering nampang, buat sensasi, yang penting percaya diri.

Jadi? Ya salahkan dunia digital sekarang ini lah... yang menghilangkan batas antara dunia nyata dengan dunia maya. Dimana positif bisa jadi negatif, dan sebaliknya.

Para social media darling ini sangat menguasai bidangnya. Ya kalau itu bisa disebut sebagai bidang, yaa... Dengan kemudahan yang diberikan oleh dunia digital ini, dengan sedikit usaha belajar memahami pernak-pernik centilnya social media, voila.... jadi deh seleb-nya socmed.

Tapi,
Ada tapinya lagi nih.... Hal seperti ini, ngga bertahan lama kalau memang cuma mengandalkan media sosial. Karena biar bagaimanapun, dunia ini nyata. Persaingan yang sebenarnya tetap ada di dunia nyata. Dan ketenaran di dunia maya, tanpa balancing dari dunia nyata, akan cepat pudarnya.

Nah, 
Kakak MUA berlisensi ngga seharusnya bete berkepanjangan dengan kenyataan ini kan? Kalau ternyata ngga seberapa lama ketahanan tenarnya, dibandingkan dengan mereka yang sudah melewati semak belukar berduri untuk mencapai kesuksesannya.

Atau.... bisa juga ikut nampang jadi social media darling :D

No comments:

Apa kabar?

 Jalan-jalan, ketemu kawan  Kemudian saling bertegur sapa  Hai. Apa kabar?  πŸ˜ΆπŸ’­ Apa kabar... Saya sudah berbulan-bulan insomnia parah, wala...