Saturday, April 26, 2014

Be Assertive

Petang kemarin saya ngobrol dengan salah satu bestie, mr. R.

"Gw sibuk nih, presentasi video program baru. Dari video yang lo aplod, beb"
"Oh. Great."
"Iya! Heran deh gw, kenapa sih orang punya gajet mahal tapi internetnya paket gitu? Pake wifi aja masih males buka video sendiri."
"Hey, santai aja lagi, beb... Don't be that reaction. Be assertive..."

Baca cuplikan percakapan itu, bisa tau gak mana saya, mana dia? :D Ya jelas yang reaksinya keras itu yang saya. Mr. R adalah laki-laki paling kalem yang pernah saya kenal. But also great music director ever.
Kemarin itu dia curhat baca tarot sama saya, sementara saya juga curhat tentang kelakuan saya yang mesti saya kelola dengan benar tanpa emosi yang berlebih. Apalagi karena iritasi tak berkesudahan akibat keacuhan kesayangan... *mulai deh curcol...*

Back to topic.
Nah, bicara lemah lembut itu lebih keren. Coach saya juga pernah bilang begitu. Bahwa saya harusnya bicara dengan lebih penuh kasih sayang. Kalo Mr. R bilang, be assertive. Lebih calm bereaksi ngadepin hal-hal yang bahkan menyebalkan sangat. Otomatis, itu akan menurunkan suhu temperamen kita.

Sepanjang kehidupan saya, baru kali ini saya ketemu dengan orang-orang yang mengajarkan saya bagaimana untuk cooling down. Kenapa diumur segini? Yah, mungkin emang udah waktunya di umur segini lebih tenang. Bahkan kesayangan saya yang cuek itu pun mengajarkan saya untuk lebih bersabar. Bicara dengan lemah lembut memang menyenangkan ya...... :D

Sedari dulu mendengarkan orang yang bilang untuk lebih santai berbicara, tapi ngga ada seorangpun yang memberi tahu impact daripada asertif itu sendiri. Akibat yang ditimbulkan, si temperamental enggan mendengarkan, dan bahkan lebih emosi. Cara kita berbicara memberitahu, pemilihan kata-kata, itu berpengaruh terhadap hasil yang diharapkan ketika kita memberitahukan si temperamental untuk bersabar.

Ketika saya berbicara dengan lemah lembut, mr. R berkata "That's much better to hear, beb..."

Thank you, beb hahahahha

No comments:

Apa kabar?

 Jalan-jalan, ketemu kawan  Kemudian saling bertegur sapa  Hai. Apa kabar?  πŸ˜ΆπŸ’­ Apa kabar... Saya sudah berbulan-bulan insomnia parah, wala...